Salah satu isu serius pada perkotaan adalah persoalan limbah dan juga pencemaran lingkungan. Pencemaran ini disebabkan oleh limbah padat maupun limbah cair yang dihasilkan dari kegiatan pelayanan, kegiatan domestik, maupun limbah dari kegiatan industri.

Analisis Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Yanto Sugiharto mengatakan bahwa pencemaran lingkungan yang dihasilkan dari kegiatan tersebut sangat memprihatinkan. Dia juga menyebut mengenai UU No 32/2009 mengenai Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang menyatakan bahawa institusi domestik dilarang membuang limbah yang bisa mencemari lingkungan hidup. Pelanggar akan dikenai sanksi pidana.

Kegiatan limbah ini juga bisa menghasilkan limbah cair dari pemakaian detergen dan polutan pencemaran lain yang bisa merusak lingkungan. Contoh kandungan ini adalah detergen. Detergen ini bisa mengganggu kehidupan yang ada di dalam air. Yanto mengatakan bahwa larutan dalam sabun bisa menaikkan pH atau keasaman air yang bisa mengganggu kehidupan organisme di dalam air.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan dalah dengan instalasi pengolahan limbah (IPL). IPL ini dibangun berdasarkan ketentuan peraturan pemerintah, dimana agar limbah yang merusak lingkungan dapat dikonversi menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan.

Peralatan IPL ini bisa mengolah limbah padat maupun cair. Perangkat peralatan ini dirancang untuk mengolah limbah baik secara fisika, kimia biologis maupun kimiawi. Sehingga nantinya hasil olahan ini bisa dibuang ke lingkungan secara aman dan bisa digunakan kembali.

Sumber :

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4354622/limbah-jadi-isu-serius-perkotaan-ini-jurus-penangkalnya?_ga=2.230727643.531620595.1552892638-822249061.1544086181