Sebuah sampah ditemukan dalam upaya penyelaman ke dasar samudra yang dilakukan sebuah kapal selam, investor Texas, dan juga penjelajah. Victor Vescovo, seorang purnawirawan perwira AL mengatakan bahwa ia menemukan sampah saat menyelami samudra sedalam 10.928 meter di suatu titik di Palung Mariana, Samudra Pasifik.

Vescovo mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah seorang pun mengunjunginya. Ia menghabiskan empat jam di dasar palung dengan mengamati kehidupan laut seperti antropoda mirip udang dengan kaki panjang dan antene hingga babi laut transparan yang mirip dengan teripang.

“Sangat mengecewakan sekali untuk melihat pencemaran oleh tangan manusia di tempat terdalam di samudra,” ujar Vescovo dalam sebuah wawancara.

Menurut laporan PBB, diperkirakan sebanyak 100 juta ton limbah plastik yang dibuang ke lautan hingga saat ini. Bahkan para ilmuwan sudah menemukan sejumlah plastik mikro dalam perut mamalia. Vescovo berharap temuannya akan keberadaan sampah di Palung Mariana akan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pencemaran sampah di samudera.

Ekspedisi ini adalah ketiga kalinya umat manusia menyelam ke titik terdalam di samudra yang dikenal dengan Challenger Deep. Sebelumnya, seorang pembuat film asal Kanada, James Cameron, adalah orang yang melakukan penyelaman mencapai 10.908 meter di tahun 2012.

Sumber :

https://www.voaindonesia.com/a/dasar-samudra-terdalam-juga-tidak-luput-dari-sampah/4916459.html