Beberapa hari lalu sebuah foto berupa kemasan plastik dari mie instan yang berusia 19 tahun viral di Twitter. Diketahui usia sampah tersebut karena terdapat tulisan ‘Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku.’

Foto ini diunggah oleh Fianisa Tiara Pradani lewat akun twitternya @selfeeani. Cuitan di Twitter tersebut terhitung sudah di-retweet sebanyak 70 ribu kali.

Mahasiswi Program Studi Kelautan Universitas Brawijaya itu mengatakan bahwa ia menemukan sampah plastik mie tersebut di Pantau Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ia mengatakan memang sering mengumpulkan sampah di sekitar laut saat senggang.

“Sebenarnya saya jarang unggah foto, tapi Indomie 19 tahun itu menarik. Saya juga awalnya tahu karena terdapat tulisan ‘Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku.’ Saya jadi tahu kalau sampah plastik itu berumur 19 tahun,” ujar Fianisa.

Manajer Program Gerakan Indonesia Diet Plastik (GIDKP) Dithi Sodia mengatakan bahwa sampah plastik baru bisa terurai dengan waktu puluhan tahun bahkan hingga ratusan tahun. Bungkus tersebut suloit terurai dan didaur ulang karena bahannya tipis dan sudah sesuai dengan cetakan merek.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190408133606-199-384246/sampah-plastik-mi-instan-usia-19-tahun-ditemukan-di-pantai