Laporan PBB menyebutkan  bahwa masa depan persediaan pangan sudah ‘sangat terancam’. Ini karena jumlah hewan dan juga spesies tanaman yang lenyap dengan cepat. Sementara itu dunia terus bergelut dengan bagaimana caranya memberi makan penduduk yang terus bertambah.

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) juga menyebutkan bahwa orang bergantung pada spesies yang semakin berkurang untuk pangan. Hal ini membuat sistem produksi rentan pada goncangan seperti penyakit, kemarau, atau seperti peristiwa ekstrim lain terkait cuaca akibat perubahan iklim.

FAO menyebutkan dalam laporannya bahwa terdapat 6 ribu spesies tumbuhan yang bisa digunakan untuk pangan, kurang dari 200 yang umunya bsa dimakan dan juga hanya 9 yang menghasilkan sebagian besar jumlah pangan dunia. Laporan pertama dalam mengkaji biodiversitas sistem pangan.

“Kita perlu menggunakan biodiversitas dalam bentuk bersinambung supaya bisa memberi tanggapan yang lebih baik terhadap perubahan iklim dan memproduksi pangan dalam cara tidak merugikan alam lingkungan,” ucap direktur FAO Jose graziano da Silva.

Sumber :

https://www.voaindonesia.com/a/lenyapnya-sejumlah-spesies-hewan-dan-tanaman-ancam-persediaan-makanan/4799510.html