Dalam upcara pembukaan acara Expo Hortikultura Internasional Beijing 2019, Presiden Xi Jimping mengemukakan bahwa masyarakat China menginginkan langit mereka lebih biru, gunung yang menghijau, dan air yang lebih jernih. Presiden Xi juga mengatakan bahwa negara China sudah memulai peradaban ekologis.

Di samping itu, Pameran Hosrtikultura Internasional 2019 yang diadakan di kaki Tembok Besar Distrik Yanqing di Beijing akan berlangsung hingga 7 Oktober 2019. Acara tersebut dihadiri lebih dari 16 juta pengunjung, terdapat 2.500 kegiatan dan pameran oleh 80 lebih negara dan 24 organisasi internasional.

Sebagai tambahan informasi, China sendiri adalah negara penghasil lebih banyak emisi karbon daripada negara lain di dunia dengan sebagian besar mengakibatkan batubara sebagai energi. Melihat polusi sebagai ancaman bagi kesehatan, China memperkenalkan langkah perbaikan lingkungan.

Presiden Xi mempromosikan gagasan untuk menjadikan kesadaran lingkungan sebagai budaya dari masyarakat China. Seorang Sekretaris Jenderal Bureau International des Expositions bernama Vicente Loscertales yang berbasis di Paris, mengatakan bahwa terdapat banyak hal yang perlu dilakukan. Namun ia memuji upaya nyata pemerintah Chuna mengenai reboisasi dan pengurangan konsumsi batubara.

“Saya telah melakukan pekerjaan selama 30 tahun yang berkaitan dengan China. Saya menyaksikan sendiri keberhasilan dan juga penyelenggaraan pameran yang telah dicapai baik bagi kota dan juga pola pikir masyarakat,” ucap Vicente Loscertales.

Sumber :

https://www.voaindonesia.com/a/china-mulai-pembangunan-peradapan-ekologis-/4905487.html