Saat minum, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan sedotan plastik. Banyak yang beranggapan penggunaan sedotan plastik untuk minum dapat mengurangi paparan minuman bergula dan berkarbornasi di mulut.

Namun tahukah kamu bahwa sedotan plastik ternyata berbahaya bagi kesehatan. Seorang ahli nutrisi dari Balaji Action Medical Institute  bernama Priya Bharma menganjurkan untuk tidak menggunakan sedotan. Ini karena sedotan plastik memiliki senyawa polietilen dan juga mengandung bahan kimia berbahaya. Dimana jika senyawa ini jika ikut masuk ke dalam tubuh bisa berbahaya.

Priya juga menyarankan untuk menggunakan sedotan yang terbuat dari kertas atau bambu saja. Ini untuk menghindari penggunaan sedotan plastik yang memiliki kandungan kimia di dalamnya.

Sebagian besar sedotan plastik memiliki kandungan plastik berbasis minyak bumi yang bernama polypropylene dan Bisphenol A (BPA). Ini akan berbahaya jika minuman panas karena dapat melelehkan plastik dan membawa kandungan ini ke dalam tubuh.

Bahan kimia dalam sedotan juga bisa menyebabkan obesitas dan kanker. Penggunaan sedotan plastik dalam jangka panjang juga bisa merusak kesehatan gigi dan membuat gigi menjadi berlubang. Ini karena minum dengan sedotan hanya memaparkan air gula ke satu daerah saja.

Sumber :

https://food.detik.com/info-sehat/d-3866105/minum-pakai-sedotan-plastik-bisa-bahayakan-kesehatan-ini-sebabnya