Metode bayi tabung yang biasanya digunakan untuk jutaan perempuan agar bisa hamil, bisa jadi sebuah upaya menyelamatkan badak putih yang berada di bagian utara Afrika dari kepunahan. Para ilmuwan mengekstraksi telur-telur badak putih dari wilayah selatan Afrika di sejumlah kebun binatang Eropa sebagaimana disebut sebagai bayi tabung.

Mereka berencana untuk mengumpulkan telur-telur dengan sejumlah badak putih utara dan membuat embrio badak putih utara dengan badan putih betina dari selatan sebagai induk pengganti. Badak putih selatan yang dimaksud bernama Hope, bertanggung jawab untuk menyelamatkan sejumlah sepupunya—Badak Putih Utara dari ancaman kepunahan.

Sejumlah peneliti nanti akan mengekstrasi sebagian telur miliknya, mencoba penyempurnaan teknik untuk membuahi dan memasukkan kembali telur tersebut ke dalam rahim induk badak pengganti. Terdapat sekitar 17 ribu Badak Putih Selatan, namun hanya dua Badak Putih Utara, dimana keduanya betina dan juga tidak bisa berkembang biak.

Semua percobaan ini merupakan tahapan awal agar kalangan terbatas untuk menyempurnakan proses itu sebelum para peneliti mulai bereksperimen dengan dua betina Badak Putih Utara. Tim peneliti sudah memanen sembilan telur badak betina sehat dan juga sudah mempelajari bagaimana pembuahan telur bisa berhasil dilakukan di luar rahim.

Yang menjadi titik temu adalah berhasilnya implantasi telur yang telah dibuahi untuk menjadi seekor badak. Mereka berharap proses implantasi dapat disempurnahan beberapa tahun mendatang. Para peneliti itu nanti akan mencoba memanen sejumlah telur dan membuahinya dengan sperma Badak Putih Utara yang sudah diawetkan. Pejantan terakhir spesies tersebut telah mati pada Maret tahun lalu.

Sumber :

https://www.voaindonesia.com/a/metode-bayi-tabung-mungkin-selamatkan-badak-putih-di-afrika-dari-kepunahan/4807905.html