Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menegaskan bahwa peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) merupakan momentum seluruh pihak untuk terlibat dan juga mewujudkan kepedulian dalam pengelolaan sampah.

Penegasan Menteri LHK ini disampaikan saat peringatan pada Hari Peduli Sampah Nasiona (HPSN) di Pantai Sendang Sikucing, Kendal, Jawa Tengah pada 24 Februari 2019. Ia juga mengungkapkan bahwa pada saat ini perhatian yang dituju oleh Nasional dan Internasional adalah mengenai sampah plastik yang bisa berdampak pada manusia dan juga satwa.

Sampah plastik berukuran mikro bisa tertelan dan masuk pada pencernaan ikan. Ini bisa berbahaya jika masuk dalam rantai makanan.

Selain itu, setelah seremoni dari peringatan HPSN ini selesai, acara tersebut dilanjutkan dengan acara bersih-bersih yang dilakukan di Pantai Sendang Sikucing yang diikuti oleh 2.000 orang dari berbagai elemen masyarakat. Diikuti oleh TNI, Polri, pelajar, masyarakat, bahkan pemerintah daerah.

Siti mengajak para masyarakat untuk lebih peduli dalam menyingkirkan sampah. Dari data Badan Pusat Statistik, angka ketidakpedulian masyarakat terhadap sampah masih sangat tinggi. Sampah ini paling banyak berasal dari sampah rumah tangga. Ada baiknya jika masyarakat untuk memilah mana sampah yang masih bisa digunakan dan diolah kembali.

Sumber :

https://nasional.sindonews.com/read/1381831/15/menteri-lhk-minta-semua-pihak-kompak-atasi-masalah-sampah-1551082763/10