Menurut pakar ahli, perubahan iklim dibumi dapat mengakibatkan enam bencana sekaligus. Bencana ini meliputi gelombang panas, kebakaran, hujan lebat, bahkan hingga ombak besar yang bisa menghantam pesisir pantai.

Menurur Erik Franklin, seorang pakar Lembaga Biologi Kelautan di Universitas Hawaii, peningkatan suhu bumi juga akan mengakibatkan bencana besar yang disebabkan oleh interaksi berbagai peristiwa alam. Ia menambahkan bahwa semua ini sedang terjadi dan akan semakin bertambah gawat.

Kesengsaraan yang bisa menimpa manusia ini bisa terjadi karena tingkat karbon dioksida, gas methan, dan gas-gas rumah kaca lainnya yang dihamburkan ke atmosfir. Ini akan memicu berbagai bencana alam yang bisa terjadi sekaligus.

Pada 2017, negara Florida mengalami musim kering yang sangat panjang. Suhu panas yang mencapai rekor ini, menyebabkan 100 kebakaran hutan serta badai Michael (sangat kuat) yang menghantam kawasan tersebut. Jika manusia bisa mengurangi emisi gas-gas rumah kaca, maka kemungkinan berbagai bencana alam ini bisa dikurangi.

Pada 2015 sendiri, 195 negara telah menandatangani perjajian iklim di Paris. Perjanjian ini menyerukan upaya usaha mencegah kenaikan suhu bumi diatas dua derajat Celcius menjelang akhir abad. Jika emisi gas karbon dioksida terus berlanjut, maka kota New York bisa dilanda empat jenis bencana alam sekaligus. Kawasan tropis akan menghadapi bencana yang lebih besar.

Sumber :

https://www.voaindonesia.com/a/peningkatan-suhu-bumi-akan-picu-berbagai-bencana-alam-sekaligus/4673704.html