Peneliti  dari Universitas Newcastle di Australia mengungkap bahwa manusia di seluruh dunia kemungkinan telah mencerna lima gram partikel plastik yang sangat kecil setiap minggunya, atau dalam kata lain seberat sebuah kartu kredit. Partikel plastik ini didapat dari air keran (terutama air minum kemasan) dan partikel polimer tak kasatmata juga ditemukan pada kerang, bir, dan garam.

Penemuan yang ada ini berdasarkan 52 studi penelaahan sejawat (peer review) ini adalah studi pertama yang memperkirakan berat plastik yang dikonsumsi oleh setiap individu, yaitu seberat 250 gram setiap tahunnya.

“Bukan hanya mencemari laut dan sungai-sungai, namun plastik juga mencemari dalam tubuh kita. Jika tidak ingin ada plastik dalam tubuh, kita harus hentikan jutaan ton plastik yang terus mengalir ke alam,” ucap Marco Lambertini, direktur jenderal WWF Internasional yang membuat laporan tersebut.

Menurut laporan terbaru dari Grand View Research, industri plastik sendiri diperkirakan akan tumbuh empat persen pertahun hingga 2024. Bahkan lebih dari 75 persen dari seluruh plastik berakhir menjadi sampah. Menurut laporan The New Plastics Economy, jika tren ini bertahan maka lautan akan mengandung satu mentrik ton plastik untuk setiap tiga metrik ton ikan pada 2025.

“Kita membutuhkan tindakan politik dan ekonomi untuk mengurangi jumlah plastik yang dibuang ke lingkungan dan mendorong daur ulang. Tujuan global harus mengurangi kebocoran plastik ke alam menjadi nol,” ujar Eirik Lindebjerg, manajer kebijakan plastik global WWF kepada AFP.

Sumber :

https://www.voaindonesia.com/a/setiap-pekan-manusia-konsumsi-plastik-seberat-kartu-kredit-/4955630.html