Akhir-akhir ini masyarakat sangat gencar untuk mengurangi sampah plastik dimana tujuannya untuk menyelamatkan lingkungan. Saat ini Indonesia sendiri berada dalam kondisi darurat sampah plastik. Bahkan bukan hanya di Indonesia saja namun negara lain juga sedang menghadapi masalah yang sama.

Seorang penulis asal Washington D.C, Kristen Hartake selama setahun ini sudah berkomitmen untuk menerapkan pola hidup yang lebih ramah lingkungan. Pada artikel kali ini, Kristen Hartake akan membagikan pengalamannya untuk mengurangi sampah plastik di dapur.

  1. Sedia wadah. Saat membuka kulkas, pasti banyak sekali bahan makanan yang menggunakan wadah plastik. Biasanya wadah plastik ini langsung dibuang dan akan semakin menambah sampah plastik. Maka dari itu, sediakanlah wadah. Wadah makanan memang harganya lebih mahal di awal, namun bisa digunakan berkali-kali.
  2. Mendaur ulang. Biasanya produk makanan yang sudah dibeli terdapat label keterangan apakah kemasan tersebut bisa digunakan kembali atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan bank sampah yang sudah banyak tersedia di beberapa daerah untuk menyalurkan sampah daur ulang secara tepat.
  3. Membersihkan dapur menggunakan lap. Biasanya tisu sering digunakan untuk keperluan membersihkan bagian dapur, ini karena tisu lebih praktis. Namun penggunaan sekali pakai ini bisa menumpuk sampah yang seharusnya bisa diminimalisir. Maka dari gunakanlah lap, serbet, atau menggunakan potongan baju yang sudah tidak digunakan.
  4. Berpikir ulang sebelum membeli. Untuk mengurangi sampah, kamu bisa memulai dengan berpikir ulang saat akan membeli kemasan yang menyediakan sedotan plastik, deterjen, maupun kopi instan. Karena produk tersebut kana menyebabkan sampah berlebih. Maka dari itu beritahu penjual untuk mengemas tanpa menggunakan plastik namun menggunakan alternatif lain seperti wadah yang dibawa sendiri.

Hal-hal di atas memang terlihat sulit untuk diterapkan, namun jika dibarengi dengan kedisiplinan maka lama kelamaan akan menjadi kebiasaan. Tidak perlu menunggu orang lain, mulailah untuk menjadi pelopor ramah lingkungan yang dimulai dari dapur sendiri.   

Sumber :

https://food.detik.com/info-kuliner/d-4477122/yuk-kurangi-sampah-plastik-di-dapur-dengan-4-cara-ini?_ga=2.251846601.1979972096.1553757122-822249061.1544086181