Seekor kura-kura betina yang sudah dianggap punah sejak 110 tahun yang lalu, kembali ditemukan di pulau Fernandina, kepulauan Galapagos, Ekuador.

Kementerian Lingkungan Ekuador menyatakan bahwa betina dewasa jenis Chelonoidis Phantasticus yang dikenal dengan kura-kura raksasa Fernandina ini ditemukan oleh tim ekpesidi bersama Taman Nasional Galapagos dan juga Galapagos Conservancy yang berbasis di Amerika.

Para penyelidik berpendapat bahwa masih ada lagi anggota spesies yang berada di pulau tersebut karena jejak dan juga terdapat bekas-bekas yang ditemukan. Tim penyelidik membawa kura-kura yang disinyalir telah berumur 100 tahun itu ke penangkaran kura-kura raksasa di Pulau Santa Cruz. Pulau tersebut akan menjadi tempat ia tinggal, dengan kandang khusus yang dirancang untuknya.

Kura-kura raksasa Fernandina masuk ek dalam daftar sangat terancam dan mungkin punah oleh International Union for Conversation of Nature. Kepulauan Galapagos sendiri dihuni oleh banyak spesies dan juga satwa liar unik. Ciri-ciri ini membantu Charles Darwin untuk mengembangkan teori evolusi miliknya.

Kepulauan Galpagos juga dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1979. Kementerian Lingkungan Ekuador mengatakan bahwa ekspedisi itu dibiayai oleh Animal Planet dengan seri berjudul “Extinct or Alive.”

Sumber :

https://www.voaindonesia.com/a/kura-kura-yang-dianggap-punah-ditemukan-di-pulau-fernandina/4797799.html