Perdana Menteri Inggris, Teresa May, yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Rabu (12/6) mengumumkan mengenai rencana ambisius meniadakan emisi karbon pada 2050. Rencana itu dipaparkan di hadapan palemen. Amandemen terhadap UU Perubahan Iklim 2008 akan meningkatkan usaha Inggris secara drastis untuk mengurangi emisi karbon.

“Sekadar mengamati bukanlah pilihan. Mewujudkan target nol emisi memang ambisius, namun penting untuk dicapai untuk memastikan bahwa kita melindungi planet kita untuk generasi mendatang,” ucap May dalam sebuah pernyataan.

Inggris sendiri selama ini menjadi pemimpin dalam usaha memerangi perubahan iklim. Komisi Pemerintah untuk Perubahan Iklim mengatakan bahwa amandemen itu akan membantu untuk memperbaiki kesehatan masyarakat dengan cara pengurangan polusi udara dan suara, dan juga meningkatkan keanekaragaman hayati.

Direktur Jenderal Konfederasi Industri Inggris, Carolyn Fairbaim mengatakan bahwa komunitas bisnis mendukung komitmen pemerintah.

Setelah partainya memilih pemimpin pengganti, May akan segera meninggalkan jabatannya. May mundur karena kegagalannya dalam memperoleh dukungan parlemen untuk kesepakatan Brexit-nya.

Sumber :

https://www.voaindonesia.com/a/inggris-berkomitmen-capai-target-nol-emisi-karbon-pada-2050-/4955817.html