Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dalam Rapat Kerja Nasional Indonesia Bersih yang diadakan di Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan bahwa faktor lingkungan sangat mempengaruhi derajat masyarakat. Ini bisa berpengaruh hingga 40 persen.

Dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, derajat kesehatan ditentukan oleh 40 persen faktor lingkungan, 30 persen faktor perilaku, 20 persen pelayanan kesehatan, dan juga 10 persen genetika atau keturunan.

Untuk mencapai kesehatan yang baik, maka perlu untuk menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi. Karena ini merupakan faktor penentu tertinggi demi meningkatkan kesehatan masyarakat.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek juga memberikan keterangan, bahwa dari 2.218 rumah sakit, baru 1.759 rumah sakit yang melakukan akreditasi. Ini menunjukan bahwa masyarakat lebih banyak melakukan pengobatan dengan fasilitas kesehatan daripada menjaga kebersihan lingkungan untuk dijaga.

Kebersihan lingkungan juga bukan hanya sampah, namun menyangkut unsur kimia, biologi, dan juga sosio-budaya. Seperti kanker, ini bisa disebabkan oleh pembakaran sampah plastik yang mengandung polyvinylchloride (PVC) dan mengeluarkan zat berbahaya. Maka dari itu pencegahan penyakit harus dimulai dari diri sendiri.

Sumber :

https://www.liputan6.com/health/read/3901522/lingkungan-faktor-yang-paling-menentukan-kesehatan-masyarakat