Fakta Mengenai Polusi Udara yang Perlu Kamu Ketahui

Pada Hari Lingkungan Sedunia yang diadakan pada tanggal 5 Juni lalu, PBB memperingatkan bahwa tidak akan ada orang yang bisa lolos dari polusi udara. Sembilan dari 10 orang di planet ini saat ini sedang menghirup udara yang tercemar. Menurut World Health Organization (WHO), saat ini sekitar 7 juta orang kehilangan nyawanya pertahun.

Berikut beberapa fakta mengenai polusi udara pada manusia akbat polusi udara yang saling berkaitan dengan perubahan iklim. Polusi udara merenggut nyawa 13 jiwa setiap menitnya, dan 800 jiwa setiap jam. Angka ini lebih besar dibanding jumlah orang yang menjadi korban penyakit TBC, AIDS, dan penyakit malaria jika disatukan.

Polusi udara menyebabkan sekitar 3,8 juta kematian dini setiap tahun. Dimana 93% anak-anak seluruh dunia hidup di daerah dimana polusi udara melebihi pedoman WHO. Polusi udara juga bertanggungjawa atas 26% kematian yang dipicu oleh penyakit jantung iskemik, 24% kematian akibat stroke, 43% akibat penyakit paru-paru obstruktif kronik, dan 29% karena penyakit kanker paru-paru.

Diperkirakan 25% polusi udara yang ada di perkotaan disebabkan oleh debu-debu halus akibat lalu lintas, 20% oleh pembakaran dalam rumah tangga, dan 15% oleh aktivitas industri termasuk aktivitas pembangkit listrik. Di negara-negara berpenghasilan tinggi, sebanyak 29% kota tidak memenuhi pedoman kualitas WHO.

Tercatat di 15 negara yang paling banyak menghasilkan gas penyebab pemanasan global, biaya dari polusi udara terhadap kesehatan umum diperkirakan lebih dari 4% PDB. Sedangkan limit temperatur yang disepakati oleh Kesepakatan Paris hanyalah sekitar 1% dari PDB global.

Sumber :

https://www.voaindonesia.com/a/sepuluh-fakta-tentang-polusi-udara-pada-hari-lingkungan-sedunia/4946494.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *