Mencegah Hilangnya Keanekaragaman Hayati dengan Merubah Pola Makan dan Melindungi Bumi

Laporan PBB mengenai peringatakn hilangnya keanekaragam hayati sceara besar-besaran akibat ulah amnusia masih hangat diperbincangkan. Laporan ini mengharuskan semua pihak untuk memulai mengambil tindakan segera demi melindungi hutan dan lautan yang ada di seluruh dunia. Tak hanya itu, masyarakat juga perlu melakukan perubahan massif dalam sektor pertanian, produksi, dan konsumsi pangan.

Laporan penilaian global yang dikeluarkan oleh Intergovernmental Science-Policy Platform on Biodiversity and Ecosystem Services (IPBES) memperingatkan manusia karena terdapat 1 juta spesies dalam resiko kepunahan yang bisa terjadi kapan pun di dalam sejarah manusia.

Selain itu, laporan itu juga memaparkan bahwa sebagian besar target global 2020 untuk perlindungan alam yang diuraikan dalam Rencana Strategis untuk Keanekaragaman Hayati juga bahkan tidak akan terpernuhi.

Laporan IPBES menemukan fakta bahwa ternyata 66% lautan banyak mengalami gangguang dari manusia, ini menjadikan dampak yang aprah untuk biota laut. Laporan ini kembali memperingatkan bahwa kekayaan kehidupan du laut sedang mengalami penurunan, membatasi kemampuan laut dalam memberikan keamanan pangan serta perlindungan terhadap perubahan iklim.

Laporan IPBES juga memperingatkan bahwa pendorong utama perubahan alam seperti perubahan penggunaan lahan, eksploitasi organisme, perubahan iklim, dan tingkat konsumsi telah meningkat ke tingkay tertinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sumber :

https://www.greenpeace.org/indonesia/siaran-pers/2802/hilangnya-keanekaragaman-hayati-kebutuhan-mendesak-melindungi-hutan-dan-laut-serta-perubahan-pola-makan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *