Langkah yang Bisa dilakukan Mengatasi Sampah Jakarta Sebesar Candi Borobudur

Masalah sampah memang menjadi salah satu problematika yang dihadapi dunia,  dan sering sekali menjadi bahasan bersama. Hal ini menjadi tanggung jawab semua orang karena setiap orang berkontribusi terhadap masalah sampah, tak terkecuali diri sendiri. Founder Waste4Change. M. Bijaksana Junerosano mengatakan bahwa saat ini terdapat 81 persen masyarakat Indonesia yang tidak memilah sampah.

Sebanyak 10 persen masyarakat sudah mulai memilih sampah, namun sampah tersebut kembali dicampur setelah diangkut. Data menunjukan bahwa di Indonesia, angka sampah mencapai 175.000 ton per hari. Di Jakarta sendiri, dalam satu hari sampah mencapai 7.000-7.500 ton. Tumpukan samaph Jakarta ini setara dengan Candi Borobudur. Angka sampah tersebut tidak terlihat karena masyarakat hingga saat ini hanya sebatas menyingkirkan sampah dari pandangan.

“Jadi kalau ditanya masalahnya di mana, sebenarnya masalah sampah ini ada di mana-mana. Perilaku, infrastruktur, peraturan, pembiayaan, banyak,” jelas Sano dalam diksusi “Pengelolaan Sampah Plastik dan Upaya Daur Ulang” yang diselenggarakan oleh Unilever.

Inti dari diskusi tersebut adalah kita tidak boleh saling menunjuk dan harus bergerak bersama untuk menyelesaikan masalah ini. Berkontribusi dalam pengelolaan sampah sebenarnya bisa dimulai dengan diri sendiri. Lalu terdapat beberapa hal yang bisa masayarakat lakukan. Hal pertama tentu saja memilah dan mencari bank sampah. Ini bisa dilakukan sebelum diangkut oleh petugas kebersihan.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan meminta bantuan pihak ketiga. Seperti contohnya program Waste4Change yaitu “Send Your Waste” di mana masyarakat bisa mengirimkan sampah untuk dipilah. Selain itu juga masyarakat bisa membuat lubang biopori. Lubang biopori adalah sebuah lubang resapan yang diisi sampah organik untuk memberi makan makhluk hidup yang ada di tanah. Masyarakat juga bisa menaikkan iuran sampah agar pengelola sampah memiliki dana yang cukup untuk membawa sampah tempat yang tepat.

 

Sumber :

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/01/083000720/sampah-jakarta-2-hari-sebesar-candi-borobudur-kita-bisa-bantu-apa-?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *