Seberapa Besar Kontribusi Meninggalkan Sedotan Plastik bagi Lingkungan?

Penumpukan sampah plastik merupakan salah satu sorotan dunia yang hingga saat ini masih terus dicari solusinya. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar bisa berkontribusi baik dalam lingkungan adalah mengubah kebiasaan menggunakan barang sekali pakai dengan bahan yang dinilai lebih ramah lingkungan.

Salah satu cara yang menjadi tren adalah penggunaan sedotan berbahan non plastik. Pilihan sedotan ini bisa menjadi berbahan logam, kayu, maupun bambu. Namun bera[a besar kontribusi yang diberikan aksi tersebut kepada lingkungan?

Manajer Kampanye dan Energi Wahana LIngkungan Hidup Indonesia (WALHI) Dwi Sawung menilai bahwa apa pun bahan yang digunakan selama bijaksana maka akan berdampak baik untuk lingkungan.

“Bukan di jenis sedotannya. Namun jika dibanding dengan penggunaan sedotan yang dipakai berulang-ulang, maka sedotan besi  dinilai lebih baik daripada plastik yang hanya bisa digunakan sekali pakai,” ucap Dwi.

Sedotan besi, bambu, kertas, dan bahan lainnya dinilai tidak membawa dampak serius terhadap lingkungan karena bisa digunakan berulang kali dan mudah untuk diurai kembali. Walau begitu, WALHI dan Green Peace juga mengingatkan bahwa peralihan penggunaan barang yang tidak sekali pakai akan berdampak jika terkait dengan penggunaan sehari-hari.

Bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan cara bermain permainan game online, maka anda bisa bermain di agen sbobet terpercaya seperti PandaSBONet. Tidak perlu khawatir, karena situs sudah memiliki banyak member dan juga selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para member setia. Situs sudah terbukti aman. Daftarkanlah diri anda sekarang juga, maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan melimpah.

 

Sumber :

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/24/095146720/tren-tinggalkan-sedotan-plastik-seberapa-besar-kontribusinya-untuk?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *