Cara Kurangi Dampak Industri Fesyen Terhadap Lingkungan

Banyak yang mengatakan bahwa industri fesyen adalah industri yang paling berpolusi di dunia. Ini dilihat dari porsi limbah yang dihasilkan oleh industri yang tidak bisa disangkal. Jejak karbon dan limbah dari pakaian ini banyak ditemukan terutama di tempat pembuangan akhir. Dalam proses pembuatan fesyen pun, prosesnya sudah menambah daftar limbah dari industri.

Untuk berkontribusi memangkas dampak industri pakaian ke lingkungan melalui cara berikut. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah belanja pakaian dengan model klasik. Ini karena jejak karbon selalu ada dalam pakaian baru meski produsen mengklaim produknya ramah lingkungan. Contoh yang bisa dibeli adalah jeans dan sepatu kulit, dimana jenis ini selalu menjadi tren yang tidak pernah lekang oleh waktu.

Langkah kedua adalah tidak mudah terbujuk dengan aksi lingkungan. Saat ini banyak sekali produsen yang sedang berlomba untuk menunjukkan perusahaannya memiliki andil dalam mengurangi karbon dan sampah. Namun, aksi promosi dengan bahan daur ulang disebut dengan greenwashing dan dianggap bisa mengalihkan perhatian masyarakat dari persoalan produk perusahaan yang tidak berkelanjutan.

Salah satu contohnya adalah perusahaan asal Inggris yang meluncurkan 34 potong koleksi pakaian dari plastik daur ulang. Setelah peluncuran, perusahaan tersebut dicerca oleh Environmental Audit Committee atau komite audit setempat. Riset dari World Wildlife Fund (WWF) menyatakan bahwa untuk menumbuhkan satu kapas dibutuhkan 715 galon air.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan deterjen yang ramah lingkungan untuk mengurangi limbah air yang dikeluarkan. Penelitian yang dilakukan WRAP UK menemukan bahwa rata-rata tumpukan sampah pakaian menyumbang sebanyak 350.000 di tempat pembuangan akhir.

Di samping dari gerakan go green, bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan hanya bermodalkan bermain permainan game online, maka anda bisa bermain di agen sbobet terpercaya seperti PandaSBONet. Tidak perlu khawatir, karena situs sudah memiliki banyak member dan juga selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para member setia. Situs sudah terbukti aman. Daftarkanlah diri anda sekarang juga, maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan melimpah.

 

Sumber :

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/09/164108720/3-cara-kurangi-dampak-industri-fesyen-terhadap-lingkungan?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *