Sebuah Pabrik di Italia Berhasil Daur Ulang Limbah Popok Bayi Sekali Pakai

Mendaur ulang limbah popok bayi awalnya dianggap mustahil oleh berbagai pabrik. Namun sebuah pabrik di Italia berhasil menemukan alternatif cara mendaur ulang popok bayi sekali pakai. Sampah popok bayi tersebut diubah menjadi plastik dan juga bahan lain. Bahan dasar tersebut kemudian dijual untuk diolah menjadi produk lain seperti mainan maupun tempat duduk umum.

Teknologi untuk memproses daur ulang tersebut dikembangkan dan dipatenkan oleh Fater, sebuah perusahaan di Italia yang memproduksi produk-produk sanitasi, dimana popok bayi merupakan salah satunya. Giovanni Teodarani Fabbri, manajer umum di Fater Smart mengatakan bahwa mereka mampu mendaur ulang bahan yang digunakan pada popok bayi bekas, seperti menjadi plastik, selulosa, dan polimer berdaya serap tinggi.

“Ini merupakan sejarah panjang dari upaya mendaur ulang popok bayisekali pakai. Karena perusahaan kami bergerak dalam bidang pembuatan popok bayi sekali pakai, kami tahu bahan-bahan yang digunakan sehingga kami belajar dengan cepat bagaimana menguraikan popok bayi tersebut,” ucap Marcello Somma, kepala Litbang dan Pengembangan Bisnis perusahaan Fater Smart.

Bahan plastik dari popok bekas bisa digunakan untuk membuat tempat duduk di pinggir jalan maupun mainan. Bahan selulosa bisa digunakan di pabrik kertas atau dalam industri tekstil, sedangkan polimer yang memiliki daya serap tinggi dapat digunakan industri yang sama atau di pertanian. Jadi materi atau bahan dari popok tersebut memiliki pasar masing-masing di berbagai penerapan.

Diketahui pada bulan Mei 2019 lalu, Menteri Lingkungan Italia menandatangani surat keputusan “End of Waste” atau “Akhiri Sampah” di mana penggunaan bahan daur ulang dari produk kebersihan kini diperbolehkan.

Di samping dari gerakan go green, bagi anda yang menyukai permainan judi online, maka anda bisa bermain di agen sbobet terpercaya seperti PandaSBONet. Tidak perlu khawatir, karena situs sudah memiliki banyak member dan juga selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para member setia. Daftarkanlah diri anda sekarang juga, maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan melimpah.

 

Sumber :

https://www.voaindonesia.com/a/pabrik-di-italia-berhasil-daur-ulang-limbah-popok-bayi-sekali-pakai/5011981.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *