Pembungkus Plastik Ramah Lingkungan yang Bisa dimakan

Sampah plastik menjadi salah satu penyebab banyaknya insiden kemarian hewan. Tak hanya hewan, sampah plastik juga mengancam ekosistem termasuk manusia. Hal ini membuat masyarakat dari seluruh dunia berusaha mengurangi penggunaan barang berbahan plastik yang sulit terurai.

Salah satu contohnya adalah sebuah perusahaan berbasis di Polandia yang membuat penemuan inovatif dengan merilis sebuah pengganti plastik dengan bahan dasar sayuran. Dilansir dari Design Boom, MakeGrowLab meluncrukan pembungkus bernama Scoby yang diklaim ramah lingkungan. Roza Janusz, seorang desainer yang berkutat memperbaiki kualitas Scpby, bekerjasama dengan seorang ilmuwan bernama Josh Brito. Nama Scoby sendiri adalah singkatan dari Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast.

Dikutip dari My Modern Mat, Scoby menggunakan konsep yang sama dengan plastik, berfungsi untuk membungkus makanan maupun benda lain. Scoby juga fleksibel, tahan lama dan anti air.Ketika tidak digunakan, Scoby akan musnah seperti sayuran yang busuk dan dapat menyatu dengan tanah.

Scoby juga diberi keunggulan yang bisa membuat makanan tetap segar. Ini karena Scoby didesain untuk bernapas seperti manusia yang bisa membuat kandungan makanan tetap terjaga. Sejauh perkembangannya, Scoby memiliki berbagai pilihan warna dan bentuk.  Roza dan Josh bekerja sama dibantu oleh mikroorganisme yang berperan penting dalam membuat pengganti platik ramah lingkungan.

Roza dan Josh memanfaatkan bakteri dan ragi yang diolah melalui proses fermentasi dengan hasil akhir berupa pembungkus atau kemasan menyerupai plastik. Scoby sendiri lebih diperuntukkan untuk membungkus makanan dengan struktur yang kering dan agak kering.

Sumber :

https://hot.liputan6.com/read/3999604/ramah-lingkungan-pengganti-bungkus-plastik-ini-bisa-dimakan?source=search

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *