Inovasi Pembersih Sampah Laut Terbesar di Dunia yang Bisa Angkat 90% Sampah

Setiap tahunnya, berjuta-juta ton sampah terkumpul dan mengapung di atas lautan, termasuk dengan sampah plastik. Sebagai material yang sulit terurai, sampah plastik ini menjadi polutan dan merusak ekosistem yang ada di lautan. Ini berakibat ratusan hingga ribuan hewan laut mati akibar terjerat dan mengonsumsi sampah plastik.

Masalah ini membuat banyak pihak melakukan penuntasan masalah. Salah satu inovasinya dilakukan oleh organisasi nirlaba asal Belanda. Organisasi ini bernama The Ocean Cleanup yang mengembangkan teknologi canggih untuk membersihkan sampah di laut. Organisasi ini didirikan oleh Boyan Slat seorang investor asal Belanda pada tahun 2013.

Dilansir dari The Ocean Cleanup, projek teknologi pembersih laut ini bernama The Ocean Cleanup System. The Ocean Cleanup mengatakan bahwa saat ini terdapat lebih dari lima triliun sampah plastik yang ada di lautan, dan ini belum termasuk dengan adanya Great Pasific Garbage Patch (GPGP) yang mengambang di lautan Hawaii dan California. GPGP adalah zona perputaran partikel sampah yang ada di lautan, sampah ini terperangkap dalam arus dan tidak bisa keluar.

Dilansir dari Scientific Reports, ukurand ari GPGP terus membesar dengan ukuran 1,6 juta km2 yang besarnya nyaris seluas daratan Indonesia (1,9 juta km2). Proyek The Ocea Cleanup sendiri dibuat untuk mengangkat sampah-sampah ini di kawasan GPGP pada lima tahun ke depan. The Ocean Cleanup senirii sudah merilis System 001 di California. System 001 ini merupakan alat yang memiliki panajang 600 meter dan mengapung di permukaan laut dengan jaring sebesar tiga meter di bawah laut. Alat ini berfungsi menangkap sampah-sampah plastik dan mencegah agar tidak terbawa arus.

System 001 diprediksi bisa mengangkat 90% sampah plastik di laut pada 2040. Selain itu juga diprediksi mampu mengumpulkan sekitar 5 ton sampah perbulan. Jika sukses, The Ocean Cleanup akan meluncurkan 60 alat serupa di lokasi lain sehingga diharapkan mampu mengumpulkan 14.000 ton sampah dari laut setiap tahunnya.

 

Sumber :

https://hot.liputan6.com/read/3993113/pembersih-laut-terbesar-di-dunia-ini-diklaim-mampu-angkat-90-sampah-keren?source=search

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *