Ilmuwan Buat Kantong Plastik Ramah Lingkungan Berbahan Kaktus

Kaktus adalah tanaman berduri yang identik dengan padang pasir karena mampu beradaptasi dengan iklim panas, daerah gurun, dan juga daerah curah hujan yang sangat minim. Beberapa tahun terakhir, kaktus memang menjadi tren baru dalam dunia tanaman hias. Bahkan ilmuwan membuat penemuan baru dari kaktus yang dijadikan kantong plastik.

Dilansir dari Plant Based News, seorang profesor di bidang teknik kimia bernama Sandra Pascoe Ortiz dari Universidad del Valle de Atemajac (UNIVA), Meksiko, membuat sebuah eksperimen inovasi kantong plastik dari tanaman kaktus bersama para mahasiswanya. Ide pembuatan plastik ini berawal dari beberapa mahasiswa Sandra, lalu karena ia tertarik, ia pun turun tangan dalam proses pengembangannya.

Kantong ini bersifat bio-degradable (mudah terurai) dalam waktu yang terhitung singkat. Kantong plastik berbahan kaktus ini hanya membutuhkan waktu satu bulan untuk terurai jika ditimbun dalam tanah. Plastik kaktus ini bahkan bisa terurai dalam waktu beberapa hari jika dilarutkan dalam air. Alasan Sandra dan timnya memilih kaktus adalah karena tanaman ini banyak ditemukan di Meksiko.

Pada awal eksperimen, Sandra dan timnya menggunakan tanaman kaktus berjenis opuntia ficus indica, namun berganti menjadi opuntia megacantha. Tanaman kaktus ini kemudia diambil sarinya hingga menghasilkan tekstur kental berwarna hijau seperti jus. Ekstrak kaktus ini dikombinasikan dengan glycerine, lemak hewan, dan lilin yang dibentuk dan dipadatkan menyerupai bahan plastik.

Selain itu, di Meksiko sendiri, tanaman kaktus sering diolah menjadi kuliner, mulai dipanggang, disajikan bersama salad, bahkan dijadikan sebuah jus. Informasi tambahan, bahwa kantong plastik ini aman untuk dimakan, bahkan dikonsumsi oleh manusia maupun hewan. Tak sampai disitu, kaktus buatan Sandra dan timnya juga akan dikembangkan menjadi bahan dasar mainan anak-anak.

Sumber :

https://hot.liputan6.com/read/3992559/inspiratif-ilmuan-ini-sulap-kaktus-jadi-kantong-plastik-ramah-lingkungan?source=search

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *