Paus Bungkuk Terbelit Sampah Jaring Seberat Setengah Ton

Permasalahan mengenai sampah yang berada di lautan semakin serius. Hal ini terbukti dengan kejadian yang terjadi di Laut Trinidad di sebuah negara Kepulauan Karibia. Sekumpulan penyelam berusaha menyelamatkan paus bungkuk yang terlihat terbelit sampah jarring.

Awalnya penemuan ini direkam oleh salah satu penyelam yang bernama Richard Parkinson yang diupload di akun Youtubenya. Para penyelam melihat terdapat sesuatu yang janggal pada paus tersebut. Paus betina ini terlihat terbelit sampah jaring ikan. Melihat hal ini, tentu saja para penyelam tidak tinggal diam.

Para penyelam pun dengan perlahan mulai mendekati paus bungkuk dengan mencoba sejajar. Mereka juga sambil mengeluarkan pisau untuk memotong jaring. Penyelam mulai memotong jaring yang ada pada bagian sirip. Namun, saat jaring tersebut belum terpotong semua, paus tersebut berusaha membebaskan diri dengan berenang jauh ke dalam lautan meninggalkan para penyelam.

Paus betina tersebut berenang ke kedalaman 30 meter. Jika para penyelam berenang lebih dalam lagi, ini bisa membahayakan nyawa mereka karena keterbatasan udara dan juga tabung oksigen. Akhirnya para penyelam berusaha memancing paus dengan naik ke permukaan. Saat melihat paus tersebut kembali naik ke permukaan, para penyelam pun langsung menarik jaring yang terbelit di ekor paus.

Sampai di ekor paus, penyelam langsung merobek sisa jaring dengan pisau. Terlepas dari sampah, paus betina dan anaknya kembali ke tengah lautan dengan bebas. Sambil berenang ke permukaan, para penyelam mengangkat sampah jaring ke atas kapal yang diperkirakan memiliki berat setengah ton.

Sumber :

https://travel.detik.com/travel-news/d-4589247/kisah-paus-bungkuk-yang-terbelit-setengah-ton-jaring?_ga=2.98699994.510360421.1561357847-1345763861.1554867943

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *